Wednesday, 6 March 2013

10 Wanita Terkaya Di Dunia

Liliane Bettencourt, wanita terkaya di dunia versi Forbes. Liliane Bettencourt, wanita terkaya di dunia versi Forbes. (Guardian)

MAJALAH bisnis terkemuka, Forbes, kembali melansir daftar orang-orang terkaya sejagat. Jajaran orang kaya dunia membengkak menjadi 1.426 orang dan 138 orang diantaranya adalah wanita.

Dikutip dari laman Forbes, jumlah wanita yang masuk daftar orang kaya itu meningkat dari  tahun lalu, yang hanya 104 orang. Beberapa orang di antara daftar wanita kaya itu, ada nama baru baru seperti perancang busana Tory Burch serta eksekutif Hongkong, Pollyana Chu.

Namun keduanya tidak masuk dalam 10 wanita terkaya di dunia. Berikut 10 wanita terkaya di muka bumi versi Forbes:
1. Liliane BettencourtKekayaan bersih: US$30 miliar. Negara: Perancis.

Berusia 90 tahun, Liliane Bettencourt merupakan wanita paling kaya di muka bumi ini. Masuk dalam daftar 10 orang kaya dunia versi Forbes sejak 1999 silam dan sempat terlempar dari 10 besar. Bettencourt menghimpun pundi-pundi kekayaan dari perusahaan kosmetik dunia, L'Oreal. Bettencourt memegang 30 persen saham L'Oreal dan lonjakan saham L'Oreal menempatkan Bettencourt dalam peringkat 9 orang kaya dunia. 

2. Christy WaltonKekayaan bersih: US$28,2 miliar. Negara: Amerika Serikat.
Christy mewarisi saham suaminya, John Walton yang merupakan generasi kedua Wal-Mart. John meninggal dalam kecelakaan pesawat 2005 silam. John merupakan anak dari Sam Walton, pendiri Wal-Mart. Lonjakan harga saham Wal-Mart pada 2012 lalu membuat dirinya sebagai wanita paling kaya di AS.

3. Alice WaltonKekayaan bersih: US$26,3 miliar. Negara: Amerika Serikat.
Alice Walton merupakan adik kandung John Walton dan merupakan generasi kedua Wal-Mart. Pada 2012 lalu Alice mendapatkan dividen lebih dari US$440 juta dari Wal-Mart. Alice gemar mendonasikan hartanya untuk berbagai kegiatan kemanusiaan.

4. Iris FontbonaKekayaan bersih: US$17,4 miliar. Negara: Chile.

Mewarisi perusahaan pertambangan tembaga terbesar di dunia, Antofagasta, dari suaminya Andronico Luksic yang meninggal akibat kanker pada 2005 lalu. Iris Fontbona dan keluarga memiliki 65 persen saham Antofagasta Antofagasta terdaftar sebagai perusahaan publik di Bursa Efek London. Memiliki berbagai tambang tembaga dan mineral di Chile dan Peru.

5. Georgina RinehartKekayaan bersih: US$17 miliar Negara: Australia

Gina Rinehart adalah wanita terkaya di wilayah Asia Pasifik dan orang paling kaya di Australia, meskipun harga komoditas bijih besi yang anjlok menggerus kekayaannya hingga US$1 miliar. Gina meneruskan usaha ayahnya, Lang Hancock dalam mengelola perusahaan tambang, Hancock Prospecting. Gina baru saja membeli dua kondominium di Pulau Sentosa, Singapura senilai US$45 juta.

6. Jacqueline Mars

Kekayaan bersih: US$17 miliar Negara: Amerika Serikat

Jacqueline Mars dan dua saudara laki-lakinya, John dan Forrest Jr., adalah generasi ketiga Mars Inc. sejak 1999 lalu ketika ayah mereka meninggal. Mars adalah perusahaan permen terbesar di dunia dengan total penjualan mencapai US$33 miliar. Sebagian besar penjualan disumbang permen Wrigley sebesar US$23 miliar. Mars Inc. didirikan sejak 1911 oleh kakeknya, Frank Mars lalu berkembang hingga saat ini.

7. Susanne Klatten 

Kekayaan bersih: US$14,3 miliar Negara: Jerman.

Dia perempuan paling kaya di Jerman dan memiliki 12,6 persen saham produsen mobil mewah BMW dari ayahnya Herbert Quandt. Herbert Quandt adalah orang paling berjasa bagi BMW, karena berhasil menyelamatkan perusahaan kebanggaan Jerman tersebut dari kebangkrutan dan meraih laba besar. Klatten juga mengontrol perusahaan kimia, Altana, dan perusahaan pembangkit listrik tenaga angin Nordex AG. Klatten salah satu ekonom jenius Jerman.

8. Abigail Johson

Kekayaan bersih: US$12,7 miliar Negara: Amerika Serikat.

Abigail merupakan Presiden Fidelity Financial Services, perusahaan manajemen aset, broker dan rencana pensiun. Hal ini membuat Abby menjadi salah satu wanita yang diperhitungkan dalam keuangan. Ia menjadi CEO setelah ayahnya, Edward "Ned" Johson, pensiun. Fidelity didirikan kakeknya pada 1946 dan Abby saat ini memiliki 49 persen saham perusahaan. Abby memperoleh gelar MBA dari Harvard dan telah bergabung dengan perusahaan sejak 1988 lalu.

9. Miuccia Prada

Kekayaan bersih: US$12,4 miliar. Negara: Italia

Nama Miuccia Prada adalah legenda di industri fashion dunia. Prada selalu menghasilkan produk fashion mewah. Ia bekerjasama dengan suaminya, Patrizio Bertelli, yang menjadi CEO untuk menangani bisnis. Saat ini Prada sedang mencari mitra untuk memasuki pasar India.

10. Anne Cox Chambers

Kekayaan bersih: US$12 miliar. Negara: Amerika Serikat

Wanita berusia 93 tahun ini merupakan putri pendiri Cox Enterprises yang terdiri dari Cox Communications (telekomunikasi), Cox Media Group (media massa), Manheim (lelang mobil), dan auototrader.com. Saat ini, Anne Cox menduduki kursi Komisaris. Ayahnya, James Cox, memulai usaha dengan membeli Evening News Dayton seharga US$26 ribu dan terus berkembang hingga meraih pendapatan hingga US$14,7 miliar pada 2011 lalu. Anne Cox menguasai 98 persen saham Cox Enterprises. (IH)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment